Pentingnya Keberadaan SMK Kehutanan Rimba Taruna di Kabupaten Rembang



REMBANG, smkkehutananrimbataruna.sch.id -  Sepertiga wilayah Kabupaten Rembang adalah hutan. Berdasarkan data, dari 101.408 ha luas wilayah Kabupaten Rembang, terdapat 23.938 ha luas hutan negara, dan 7.030 ha adalah luas hutan rakyat. Tentu saja dengan kekayaan sumber daya wilayah hutan tersebut, masyarakat Rembang perlu menyiapkan sumber daya manusia yang siap bergerak di bidang kehutanan.

Tentu saja masyarakat Rembang cukup bangga bersenang hati karena di kabupaten Rembang telah berdiri sekolah kejuruan dengan program keahlian berbasis hutan. Lembaga pendidikan tersebut adalah SMK Kehutanan Rimba Taruna yang terletak di desa Karas  kecamatan Sedan. Berdasarkan data, para siswa yang sekolah di SMK Kehutanan Sedan ini tidak hanya berasal dari Rembang. Beberapa asal siswa tercatat berasal dari Jepara, Kudus, Demak, Blora, Purwodadi, hingga Surakarta. Asal siswa yang beragam ini dikarenakan di tingkat Provinsi Jawa Tengah, SMK Kehutanan Rimba Taruna adalah satu-satunya SMK di Jawa Tengah yang membuka dasar program keahlian dan paket keahlian berbasis kehutanan.

Dasar program keahlian pada SMK Kehutanan Rimba Taruna diantaranya meliputi; Pembinaan hutan, pengukuran hutan, dan pelindungan hutan. Selanjutnya paket keahlian yang dimiliki SMK tersebut adalah inventarisasi hutan produksi sebelum penebangan, inventarisasi hutan produksi setelah penebangan, pembukaan wilayah hutan, pengukuran dan pengujian kayu bulat, dan  pengukuran dan pengujian kayu gergajian

Dengan kurikulum kejuruan berbasis keahlian di bidang kehutanan inilah, keberadaan SMK Kehutanan Rimba Taruna sangatlah penting. Hal ini dikarenakan, dengan wilayah Kabupaten Rembang adalah hutan , maka SMK tersebut dapat berfungsi dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang kehutanan.

Kegiatan pembelajaran yang ditawarkan di SMK Rimba Taruna Sedan ini adalah pembelajaran berbasis teori dan praktik. Pembelajaran sebagian besar dilaksanakan di laboratorium langsung, yaitu langsung di disesuaikan di kebutuhan kompetensinya, mulai di kawasan hutan lindung, hutan produksi, dan hutan Rakyat. Para siswa juga kerap belajar magang langsung di Tempat Penimbunan Kayu (TPK) di antaranya di TPK ngandang, TPK Sulang, TPK terongan, TPK Sale, TPK Landoh, dan perkantoran perhutani se Jawa Tengah. Model pembelajaran langsung ini dalam rangka untuk mengasah kompetensi dan keterampilan untuk mencetak lulusan yang memiliki keahlian.

Layanan pembelajaran ini dilangsungkan dalam rangka mencetak lulusan yang siap kerja di dunia usaha/ industri, siap bekerja di instansi kehutanan dan pemerintahan, menciptakan lapangan kerja (wirausaha),hingga fasilitasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bagi yang menginginkan.

Sumber: Humas SMK Kehutanan Rimba Taruna 
Website: www.smkkehutananrimbataruna.sch.id 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Testimoni Alumni

Gallery Kehutanan

SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang

SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang Jawa Tengah telah menggunakan kurikulum yang memihak para lulusannya untuk dipersiapkan sebagai tenaga teknis menengah yang profesional dan siap pakai untuk melaksanakan pembangunan sektor kehutanan.

Crew SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang

Kepala SMK Kehutanan Rimba Taruna
Waka Kurikulum
Waka Sarplas
Waka Kesiswaan
Waka Humas
Crew Creative

Mars Rimba SMKK