Istighosah Dan Makan Bersama Siswa Siswi SMK Kehutanan Rimba Taruna



      Istighosah Bersama Siswa-Siswi SMK Kehutanan Rimba Taruna.Istighosah adalah memohon pertolongan dari Allah SWT untuk mewujudkannya sebuah "keajaiban" atas segala sesuatu yang dianggap sulit diwujudkan. Istighosah sebenarnya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan kata istighosah maka mempunyai makna lebih besar dari sekedar berdoa,karena yang dimohon dalam istighosah bukanlah hal yang biasa, oleh karena itu istighosah sering dilakukan secara kolektif dan biasanya dimulai dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, terutama istighfar,sehingga Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan itu.
    Senin,19 Maret 2019 seluruh siswa SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang mengadakan kegiatan istighosah bersama dengan tujuan untuk memohon pertolongan semata mata kepada Allah SWT agar  diberikan kelancarkan kepada taruna-taruni  kelas XII yang akan mengadakan kegiatan Ujian Nasional pada tanggal 25 s/d 28 Maret 2019. Kegiatan istighosah ini dipimpin oleh KH.Ghufron Zain yang diikuti oleh seluruh taruna-taruni SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang. Kegiatan ini diawali dengan dzikir dan doa bersama, isak tangis mewarnai acara istighosah dan doa bersama yang dilakukan siswa-siswi SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang.  

    Setelah acara kegiatan doa bersama selesai dilanjutkan dengan acara makan bersama.acara ini dilakukan karena bentuk rasa syukur atas segala kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Saat kegiatan makan bersama ini kita dikumpulkan masing-masing per angkatan dengan membentuk lingkaran, hal ini biasa dilakukan ketika kita akan melaksanakan makan dimanapun tempatnya, karena itu sudah merupakan tradisi dari SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang.  




Share:

SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan Mencangkok Kelengkeng

     

     SMK Kehutanan Rimba Taruna Mencangkok Kelengkeng. Mencangkok merupakan salah satu kegiatan atau usaha manusia dalam memperbanyak tanaman baru atau perkembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan, tidak semua tumbuhan itu dapat dicangkok. Tumbuhan yang dapat dicangkok hanya pada tumbuhan dikotil dan berbiji terbuka salah satu contoh tumbuh yang dapat dicangkok adalah tumbuhan kelengkeng. Hal ini yang dilakukan oleh siswa siswa SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan.

    Siswa-siswi SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan mengadakan kegiatan mencangkok pohon kelengkeng pada hari Sabtu,16 Maret 2019 di rumah Bapak Heri Utoro. Kegiatan kali ini,siswa-siwi SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan mencangkok pohon kelengkeng yang berada di depan rumah bapak Heri Utoro. Kegiatan mencangkok ini dilakukan oleh siswa-siswi kelas 10 yang didampingi oleh guru-guru terutama oleh Bapak Heri sendiri. Kegiatan siswa mencangkok tumbuhan dimaksudkan untuk melatih para siswa memperbanyak tanaman yang berada di lingkungan sekitar. Siswa-siswi merasa senang bisa melakukan kegiatan mencangkok, selain menambah pengalaman mereka juga mendapatkan beberapa pengetahaun dan wawasan tentang mencangkok.
Share:

Ujian Kompetensi Keahlian Pengukuran Dan Pengujian Kayu Bundar

  
   Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) bertujuan untuk mengetahui pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan bidangnya masing-masing. SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang telah melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) berskema pengukur dan penguji kayu bundar. Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) tersebut dilaksanakan pada tanggal 2-6 maret 2019. Ujian Kompetensi ini diuji oleh asesor. Ada 4 asesor yang bertugas untuk menguji Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) pengukur dan penguji kayu bundar di SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang yaitu Ir. Rahmi Rohaini, M. Pd, Ir. Yanti Pujawanti, Beri Kurnia, S. Hut, dan Asep Dedi, S.IP, S.Pd. Sedangkan siswa yang mengikuti ujian kompetensi ada 53 siswa. Siswa dibagi 4 kelompok sesuai dengan jumlah asesor. 
     Siswa dinyatakan kompeten apabila lulus tes tertulis, wawancara dan demonstrasi/praktek. Skema sertifikasi pengukur dan penguji kayu bundar memiliki 5 unit yaitu menerapkan panduan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), menetapkan nama jenis kayu, menetapkan volume kayu bundar, menetapkan volume tumpukan kayu bundar kecil dan menetapkan mutu penampilan kayu bundar. Unit kompetensi ini merupakan kemampuan yang didasari atas pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan pada kegiatan pemanfaatan hasil hutan. 

   Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dimulai pada tanggal 2 maret 2019. Hari pertama siswa melakukan tes tertulis yang dilaksanakan di SMK Kehutanan Rimba Taruna. Tanggal 3-5 maret 2019 selanjutnya siswa melakukan demonstrasi/praktek pengukur dan penguji kayu bundar di TPK Terongan. Hari terakhir pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dilakukan pengumuman hasil ujian. Berdasarkan pengumuman hasil Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) pengukur dan penguji kayu bundar seluruh siswa dinyatakan kompeten. 

Share:

SMK Kehutanan Rimba Taruna Bekerjasama dengan Camat Sedan Dalam Wisata Alam Hutan


REMBANG, smkkehutananrimbataruna.sch.com - Hari ini (Jumat, 08/03) SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang melakukan koordinasi dengan Camat Sedan perihal penjajakan awal tentang pengembangan wisata alam di kawasan Sedan. Salah satu yang digagas adalah Wisata Edukasi di Hutan Lindung. Adapun SMK Kehutanan Rimba Taruna diharapkan menjadi garda terdepan dalam mewujudkan hal tersebut.

Selain menjadi penyangga ketersediaan oksigen, hutan juga banyak dilirik menjadi tempat pendidikan tentang flora dan fauna. Program pengembangan dimana hutan menjadi destinasi wisata alam yang edukatif inilah, menjadi titik temu kerjasama antara pihak Camat Sedan dan Lembaga Pendidikan SMK Kehutanan Rimba Taruna di Sedan, Rembang, Jawa Tengah.

Dalam penjajakan awal hari ini, kedua belah pihak sepakat akan menjadikan hutan menjadi subjek sumber belajar tentang flora dan fauna di Rembang. Koordinasi akan dilakukan lebih lanjut, guna mewujudkan Wisata Alam Edukatif di kawasan Sedan, Rembang, Jawa Tengah. (HR/'19)
Share:

Peta Arboritum Hutan Pendidikan


Share:

Madu SMK Kehutanan Rimba Taruna


Rembang, smkkehutananrimbataruna.sch.com  SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang secara resmi me-lounching produk kreatif siswanya (05/02) yaitu Madu SMK. Produk kreatif ini adalah produk kewirausahaan sekolah tersebut. Sebagai produk unggulan, rencananya produk tersebut akan dipasarkan secara massal.

“Ada dua varian, yaitu madu klengkeng dan madu randu,” tegas Heri, Guru Pendamping Kewirausahaan.
Kepada masyarakat yang tertarik membeli produk kewirausahaan siswa SMK Kehutanan Rembang ini, dapat menghubungi langsung di nomor wa  0813 2655 4293 atau hubungi pula 0295 5391766. Pemesanan  produk juga dapat dilayani melalui email smkkehutananrimbataruna@yahoo.com atau kunjungi website www.smkkehutananrimbataruna.sch.id. (hd/2019)

Share:

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Testimoni Alumni

Gallery Kehutanan

SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang

SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang Jawa Tengah telah menggunakan kurikulum yang memihak para lulusannya untuk dipersiapkan sebagai tenaga teknis menengah yang profesional dan siap pakai untuk melaksanakan pembangunan sektor kehutanan.

Crew SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang

Kepala SMK Kehutanan Rimba Taruna
Waka Kurikulum
Waka Sarplas
Waka Kesiswaan
Waka Humas
Crew Creative

Mars Rimba SMKK