Ujian Kompetensi Keahlian Pengukuran Dan Pengujian Kayu Bundar

  
   Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) bertujuan untuk mengetahui pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan bidangnya masing-masing. SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang telah melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) berskema pengukur dan penguji kayu bundar. Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) tersebut dilaksanakan pada tanggal 2-6 maret 2019. Ujian Kompetensi ini diuji oleh asesor. Ada 4 asesor yang bertugas untuk menguji Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) pengukur dan penguji kayu bundar di SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang yaitu Ir. Rahmi Rohaini, M. Pd, Ir. Yanti Pujawanti, Beri Kurnia, S. Hut, dan Asep Dedi, S.IP, S.Pd. Sedangkan siswa yang mengikuti ujian kompetensi ada 53 siswa. Siswa dibagi 4 kelompok sesuai dengan jumlah asesor. 
     Siswa dinyatakan kompeten apabila lulus tes tertulis, wawancara dan demonstrasi/praktek. Skema sertifikasi pengukur dan penguji kayu bundar memiliki 5 unit yaitu menerapkan panduan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), menetapkan nama jenis kayu, menetapkan volume kayu bundar, menetapkan volume tumpukan kayu bundar kecil dan menetapkan mutu penampilan kayu bundar. Unit kompetensi ini merupakan kemampuan yang didasari atas pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan pada kegiatan pemanfaatan hasil hutan. 

   Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dimulai pada tanggal 2 maret 2019. Hari pertama siswa melakukan tes tertulis yang dilaksanakan di SMK Kehutanan Rimba Taruna. Tanggal 3-5 maret 2019 selanjutnya siswa melakukan demonstrasi/praktek pengukur dan penguji kayu bundar di TPK Terongan. Hari terakhir pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dilakukan pengumuman hasil ujian. Berdasarkan pengumuman hasil Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) pengukur dan penguji kayu bundar seluruh siswa dinyatakan kompeten. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Testimoni Alumni

Gallery Kehutanan

SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang

SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang Jawa Tengah telah menggunakan kurikulum yang memihak para lulusannya untuk dipersiapkan sebagai tenaga teknis menengah yang profesional dan siap pakai untuk melaksanakan pembangunan sektor kehutanan.

Crew SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang

Kepala SMK Kehutanan Rimba Taruna
Waka Kurikulum
Waka Sarplas
Waka Kesiswaan
Waka Humas
Crew Creative

Mars Rimba SMKK